Minggu, 23 Oktober 2011

Dampak Perdagangan Bebas di Asia terhadap lulusan Sarjana Ilmu komputer dan TI

Perdagangan Bebas adalah sebuah konsep ekonomi yang mengacu kepada Harmonized Commodity Description and Coding System (HS) dengan ketentuan dari World Customs Organization yang berpusat di Brussels, Belgium. penjualan produk antar negara tanpa pajak ekspor-impor atau hambatan perdagangan lainnya.

Menurut saya, dampak Perdagangan bebas yang berpengaruh terhadap lulusan sarjana IT tergantung dari aspek lulusan itu sendiri, dengan syarat lulusan tersebut adalah sarjana IT yang memiliki skill global, kompeten dan memiliki nilai nilai softskill, maka dampak Perdagangan bebas untuk sarjana IT tersebut adalah baik dan menguntungkan, alasan ini akan saya jelaskan ke dalam bentuk contoh.

Dengan adanya Perdagangan Bebas maka akan adanya investasi dan tumbuhnya perusahaan asing di negeri, dengan begitu tentunya perusahaan asing yang notabene selalu mengutamakan Informasi dan Teknologi akan sangat memerlukan sarjana IT yang bisa bergabung dengan perusahaannya, sehingga disini tentunya akan menguntungkan lulusan sarjana IT karena standar gaji dari perusahaan asing kebanyakan ada di atas rata - rata dibandingkan dengan yang ditawarkan oleh perusahaan dalam negeri atau swasta di Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar