Jumat, 27 Mei 2011

Cara Membuka Peluang Ekspor


Cara Membuka Peluang Ekspor

Salah satu usaha yang terbukti mampu bertahan pada saat krisis ekonomi adalah sektor usaha kecil dan menengah. Sektor prioritas seperti kerajinan, sandang, peternakan, perikanan, pertanian, perkebunan, serta makanan dan minuman, perlu dikembangkan dengan pertimbangan tidak hanya untuk memenuhi pasar dalam negeri, tetapi juga pasar ekspor. Potensi sumber daya alam dan tenaga kerja sangat memungkinkan penggarapan sektor ini.

Ada beberapa saran yang perlu diperhatikan sebelum kita memulai mencoba pasaran ekspor ke luar negeri :

1.Jangan pernah melakukan trip ke luar negeri untuk mengikuti promosi perdagangan atau pameran dagang sebelum kita benar-benar tahu kebutuhan dan keinginan konsumen. Hal ini perlu diperhatikan terutama untuk produk-produk seperti fashion, tas, tekstil, garmen, sepatu, dan kerajinan tangan.

2.Perlu disiapkan terlebih dahulu katalog serta daftar harga, serta perkiraan jangka waktu pengiriman dan minimum order yang sanggup dikerjakan.

3.Cari sebanyak-banyaknya daftar importir yang berkaitan dengan produk kita, bisa melalui internet, CD, atau buku katalog yang memuat data importir terkini di Indotrade Guide atau bisa diperoleh di BPEN (Badan Pengembangan Ekspor Nasional).

4.Dari informasi yang sudah diperoleh, kita harus mengetahui calon pembeli kita.

Pasar luar negeri sangat terbuka dalam menyerap hasil-hasil produksi dalam negeri, terutama untuk usaha kecil. Dengan perluasan pasar akan mendongkrak kapasitas produksi yang jika digarap dengan benar sangat besar peluangnya untuk mendapatkan keuntungan. Sebaliknya, masuknya produk-produk tertentu dari luar negeri (impor) dengan harga jauh di bawah harga produk-produk dalam negeri merupakan peluang bagi pengusaha untuk mendatangkannya ke Indonesia, baik berupa produk sebagai bahan baku untuk diolah kembali maupun barang jadi untuk langsung dipasarkan. (Sumber : Buku Pintar Ekspor Impor).

1 komentar:

  1. Terimakasih informasi ekspornya bagus gan blognya, makasih ya, keep bloging, dan terus berkarya semoga agan sehat selalu
    baca juga blog kita Pendaftaran STAN jakarta

    BalasHapus