Rabu, 28 November 2012

Alat Alat Jaringan

1.   Network Interface Cards   ( NIC) atau Kartu Jaringan.

Kartu Jaringan (NIC) merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antara komputer, kebanyakan kartu jaringan adalah kartu internal, yaitu kartu jaringan yang di  pasang pada slot ekspansi di dalam komputer. Beberapa komputer seperti komputer MAC, menggunakan sebuah kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputernya. Pada computer  notebook  ada slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA  slot. Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah : kartu jaringan  Ethernet,  LocalTalk  konektor, dan kartu jaringan  Token Ring. Yang saat ini populer digunakan adalah Ethernet, lalu diikuti oleh  Token Ring, dan LocalTalk.

a.   Ethernet Card   / Kartu Jaringan Ethernet

Kartu jaringan  Ethernet  biasanya dibeli terpisah dengan komputer, kecuali seperti komputer Macintosh yang sudah mengikutkan kartu jaringan Ethernet didalamnya. kartu Jaringan ethernet umumnya telah menyediakan port koneksi untuk kabe l Koaksial ataupun kabel  twisted pair, jika didesain untuk kabel koaksial konenektorya adalah BNC, dan apabila didesain untuk kabel twisted pair maka akan punya konektor RJ -45. Beberapa kartu jaringan ethernet kadang juga punya konektor AUI. Semua itu di koneksikan dengan koaksial, twisted pair,ataupun dengan kabel fiber optik.

 b.   Media (kabel, Gelombang Radio)

Empat jenis kabel jaringan yang umum digunakan saat ini yaitu :

b.1.  Kabel Coaxial
Terdiri atas dua kabel yang diselubungi oleh dua tingkat isolasi. Tingkat isolasi
pertama adalah yang paling dekat dengan kawat konduktor tembaga. Tingkat pertama ini
dilindungi oleh serabut konduktor yang menutup bagian atasnya yang melindungi dari
pengaruh elektromagnetik.  Sedangkan bagian inti yang digunakan untuk transfer data adalah
bagian tengahnya yang selanjutnya ditutup atau dilindungi dengan plastik sebagai pelindung
akhir untuk menghindari dari goresan kabel. Beberapa jenis kabel  coaxial  lebih besar dari
pada yang lain. Makin besar kabel, makin besar kapasitas datanya, lebih jauh jarak
jangkauannya dan tidak begitu sensitif terhadap interferensi listrik. 

b.2.  Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP)
Kabel  twisted pair  terjadi dari dua kabel yang diputar enam kali per- inchi untuk memberikan perlindungan terhadap interferensi listrik ditambah dengan impedensi, atau tahanan listrik yang konsisten. Nama yang umum digunakan untuk kawat ini adalah  IBM jenis/kategori 3. Secara sin gkat kabel  UTP  adalah murah dan mudah dipasang, dan bisa bekerja untuk jaringan skala kecil.

b.3.  Kabel Shielded Twisted Pair (STP)
Kabel  STP  sama dengan kabel  UTP, tetapi kawatnya lebih besar dan diselubungi dengan lapisan pelindung isolasi untuk mencegah gangguan interferensi. Jenis kabel  STP yang paling umum digunakan pada LAN ialah IBM jenis/kategori 1.

b.4.  Kabel Serat Optik (Fiber Optik)
Kabel serat optik mengirim data sebagai pulsa cahaya melalui kabel serat optik. Kabel serat optik mempunyai keuntungan yang menonjol dibandingkan dengan semua pilihan kabel tembaga. Kabel  serat  optik memberikan kecepatan transmisi data tercepat dan lebih reliable, karena jarang terjadi kehilangan data yang disebabkan oleh interferensi listrik. Kabel serat optik juga sangat tipis dan fleksibel sehingga lebih mudah dipindahkan dari pada kabel tembaga yang berat.


2. Switch

Switch jaringan  (atau  switch  untuk singkatnya) adalah sebuah alat jaringan yang melakukan  bridging  transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC).
Switch dapat dikatakan sebagai  multi-port  bridge  karena mempunyai  collision domain  dan  broadcast domain  tersendiri, dapat mengatur lalu lintas paket yang melalui switch jaringan. Cara menghubungkan komputer ke switch sangat mirip dengan cara menghubungkan  komputer  atau  router  ke  hub. Switch dapat digunakan langsung untuk menggantikan hub yang sudah terpasang pada jaringan.
Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung  komputer  atau  router  pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan  data link, cara kerja switch hampir sama seperti bridge, tetapi  switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan  multi-port bridge.

3. Router

Sebuah  Router  mengartikan informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain, dia hampir sama dengan Bridge namun lebih pintar, router akan mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasakan atas alamat tujuan dan alamat asal.  Sementara Bridges  dapat mengetahui alamat masing-masing komputer di  masing-masing sisi jaringan, router mengetahui alamat komputerr,  bridges  dan  router  lainnya.  router  dapat mengetahui keseluruhan jaringan melihat sisi mana  yang paling sibuk dan dia bisa  menarik data dari sisi yang sibuk tersebut sampai  sisi tersebut bersih.
Jika sebuah perusahaan mempunyai LAN dan menginginkan terkoneksi ke  Internet, mereka harus membeli  router. Ini berarti sebuah  router  dapat  menterjemahkan informasi diantara LAN anda  dan Internet. ini juga berarti  mencarikan alternatif jalur yang terbaik untuk mengirimkan data melewati  internet. Ini berarti Router itu :
1.  Mengatur jalur sinyal secara effisien
2.  Mengatur Pesan diantara dua buah protocol
3.  Mengatur Pesan diantara topologi jaringan linear Bus dan Bintang(star)
4.  Mengatur Pesan diantara melewati Kabel  Fiber optic, kabel koaaksial atau kabel twisted pair

Tidak ada komentar:

Posting Komentar