Rabu, 28 November 2012

Social Network (Jejaring Sosial)

Jejaring sosial merupakan struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (Individu/organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Saat ini banyak sekali jejaring sosial yang telah ada baik itu dari luar negeri seperti Facebook, Friendster, Multiplay, Yuwie, dll serta ada pula yang berasal dari dalam negeri sebaian kecil diantaranya digie, helloicu, fufei, statusbook, adandu, salingsapa dan lain sebaginnya yang tentunya masih banyak lagi tinggal kalian saja memilih mana jejaring sosial yang paling baik.

Manfaat positif jejaring sosial
Penggunaan jejaring sosial pasti menimbulkan pengaruh yang besar terhadap seseorang yang mengikutinya. Manfaat positif dan negatif pasti ada di dalamnya, berikut ini manfaat positif dari jejaring sosial :
  1. Sebagai sarana untuk berbagai. Berbagi disini dalam arti luas dapat berbagi informasi, berbagi pengalaman baik itu suka maupun duka. pokoknya berbagi dalam arti positif ya........
  2. Sebagai sarana promosi. Nah pastinya anda sekalian pernah melihat seseorang yang menawarkan suatu produk pada anda.
  3. Sebagai sarana untuk menyalurkan hobbi. banyak sekali jejaring sosial yang memiliki grup masing-masing yang dapat anda ikuti sesuai  hobbi anda.
  4. Sebagai sarana untuk berekspresi. jangan takut untuk menyalurkan segala ekspresi anda karena di sini anda dapat meluapkannya. tapi jangan menyinggung SARA, HAM atau norma-norma yang dilarang karna bisa-bisa dari jejaring sosial anda dapat berurusan dengan pihak yang berwajib.
Manfaat Negatif jejaring sosial
Selain sisi positif pasti ada sisi negatif di dalam jejaring sosial. berikut diantaranya :

  1. Dapat memicu perceraian. dapat anda bayangkan sendiri apa pemicunya
  2. Memicu gangguan tulang dan mata. berhati-hati bagi anda yang telah kecanduan sampai berjam-jam menghadapi laptop/komputer hanya untuk menatapi jejaring sosial
  3. Membuat orang menjadi tertutup. dalam penelitian setengah dari orang dewasa yang gemar dengan jejaring sosial, lebih menghabiskan waktu di internet dari pada berbicara dengan orang tua atau orang lain.
  4. Membuat pasangan cemburu. ini sama dengan point 1 tetapi untuk yang masih pacaran.
  5. Menghabiskan Uang. hal ini pasti tidak anda sadari karena anda telah kecanduan jadi pasti anda abaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar